Home » Apa Fungsi AVR pada Mesin Genset?

Apa Fungsi AVR pada Mesin Genset?

fungsi+avr+mesin+genset
Fungsi AVR Pada Mesin Genset

Apa Fungsi AVR Pada Mesin Genset? – Salah satu bagian yang ada pada mesin genset dan berperanan penting pada masalah kelistrikan adalah AVR. AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator. Yaitu komponen yang berfungsi sebagai pengatur kestabilan voltase listrik yang keluar secara otomatis.

Tidak semua mesin genset menggunakan AVR. Mesin genset yang menggunakan AVR bisanya memiliki kapasitas out put listrik di atas 2,5 kva (2500 Watt). Sedangkan untuk dibawah 2,5 kva, biasanya menggunakan kapasitor sebagai pengganti fungsi AVR. Dengan kata lain, fungsi kapasitor hampir sama dengan AVR yang ada pada genset.

Pada mesin genset, AVR ini terletak pada bagian generator. AVR ini memiliki sebuah pengatur yang berfungsi untuk menyetel seberapa tegangan listrik yang akan dikeluarkan oleh generator. Untuk setelan normal pada AVR yaitu 220-230 volt.

Ada pun pengaruh yang terjadi pada mesin genset apabila AVR mengalami kerusakan, yaitu arus listrik tidak akan keluar dari generator. AVR yang rusak tersebut biasanya disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan melebihi kapasitas yang tertera pada mesin genset tersebut.

Jika AVR pada mesin genset telah rusak, maka langkah yang harus diambil adalah dengan mengganti AVR tersebut. Untuk mengganti AVR tersebut, kita harus menggantinya dengan bentuk dan ukuran yang sama dengan AVR yang akan diganti. Karena AVR pada mesin genset memiliki bentuk dan kapasitas yang berbeda-beda. Bentuk yang paling umum yang sering dijumpai yaitu kotak dan bulan sabit.

Demikianlah informasi mengenai apa fungsi AVR pada mesin genset, yakni suatu komponen yang mengatur seluruh masalah kelisrikan yang keluar dari generator genset. Semoga bermanfaat.