Home » Memahami Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Memahami Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

cara+kerja+mesin+diesel+4+tak
Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak – Dalam melakukan proses pembentukan energi, sebenarnya mesin 4 tak baik diesel maupun mesin bensin memiliki prinsip kerja yang sama. Yaitu terletak pada kinerja masing-masing komponen dalam menjalankan tugasnya.

Mesin diesel adalah motor yang sering digunakan sebagai penggerak dan memiliki pembakaran internal (combustion engine), yaitu memanfaatkan tekanan kompresi dan suhu tinggi untuk membakar campuran udara dan solar.

Kompresi yang dihasilkan pada mesin diesel merupakan kinerja dari kompenen yang bernama piston dan kelengkapannya. Sedangkan tekanan bahan bakarnya merupakan hasil pemompaan bosh pump yang bekerja sama dengan nozzle.

Sebelum mempelajari bagaimana cara kerjanya, mungkin lebih baik mengenal terlebih dahulu karakteristik yang dimiliki oleh mesin diesel, diantaranya yaitu:

  • Mesin diesel menggunakan bahan bakar solar, biosolar, pertadex, dan shell super untuk membentuk tenaganya
  • Memiliki rasio kompresi lebih besar daripada mesin bensin, yaitu sekitar 15:1 sampai 22:1
  • Tidak membutuhkan busi untuk melakukan pembakaran
  • Torsi dan tenaga dapat dicapai pada rpm yang lebih rendah dibanding mesin bensin
  • Torsi puncak yang dihasilkan mesin diesel lebih tinggi dari pada mesin bensin
  • Suara dan getaran pada mesin diesel lebih besar dari pada mesin bensin
  • Bahan pembuatan mesin diesel lebih kuat dan kokoh

Langkah Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Seperti yang telah dijelaskan seperti di atas, bahwa mesin diesel 4 tak memiliki cara kerja yang sama dengan mesin bensin. Adapaun langkah kerjanya meliputi langkah hisap, langkah kompresi, pembakaran dan langkah pembuangan. Berikut pejelasannya.

1. Langkah Hisap

Langkah hisap merupakan langkah pergerakan piston dari titik mati atas (TMA)  menuju titik mati bawah (TMB). Pada langkah ini, katup hisap pada mesin diesel akan membuka dan menghisap udara dari luar melalui intake (saluran hisap) menuju ke dalam runag bakar (silinder blok). Sedangkan katup buang akan menutup untuk mencegah udara keluar dari saluran pembuangan (exhouse).

2. Langkah Kompresi

Langkah kompresi adalah langkah pergerakan piston dari titik mati bawah (TMB) menuju ke titik mati atas (TMA). Pada langkah ini, katup hisap dan katup buang akan menutup. Sehingga, suhu ruang pada blok silinder akan berubah menjadi panas dan bertekanan tinggi.

3. Proses Pembakaran

Sebelum beberapa detik langkah piston mencapai titik mati atas (TMA), nozzle akan memancarkan bahan bakar. Sehingga, terjadilah pertemuan antara udara panas bertekanan tinggi dengan partikel-partikel bahan bakar solar. Dan ketika langkah piston berada di puncak titik mati atas (TMA), terjadilah pembakaran yang menghasilkan tenaga dan mendorong piston menuju ke titik mati bawah (TMB).

4. Langkah Pembuangan

Langkah buang adalah pergerakan piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju ke titik mati atas (TMA). Pada langkah buang ini katup hisap menutup, sedangkan katup buang akan membuka membuang sisa gas pembakaran menuju saluran knalpot (exhouse).

Nah, itulah penjelasan mengenai bagaimana mesin diesel 4 tak bekerja. Perlu diketahui juga bahwa kelebihan mesin diesel yaitu harga bahan bakarnya murah, mesin tangguh dan lebih awet. Sedangkan kekurangannya adalah harga belinya lebih mahal dibanding mesin bensin, menggunakan aki yang berkapasitas besar saat melakukan start, suara dan getaran yang dihasilkan mesin lebih besar, dan rentan mengalami kerusakan jika kehabisan bahan bakar.