Home » Cara Melepas Flywheel Mesin Potong Rumput

Cara Melepas Flywheel Mesin Potong Rumput

cara+melepas+flywheel+mesin+potong+rumput
Flywheel Mesin Potong Rumput

Cara Melepas Flywheel Mesin Potong Rumput – Flywheel adalah bagian mesin potong rumput yang berfungsi sebagai penyeimbang dan tempat magnet. Bagian ini sering disebut dengan roda gila atau roda magnet. Pembahasan kali ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara melepas flywheel pada mesin potong rumput.

Pelepasan flywheel biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya yaitu adanya oil seal yang berada di balik flywheel rusak atau bearing crankshaft yang rusak. Sehingga, untuk mengganti bagian-bagian tersebut, secara otomatis kita harus melepas flywheel terlebih dahulu.

Sebenarnya, untuk melepas flywheel pada mesin potong rumput tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Karena caranya sangat mudah dan peralatan yang digunakan pun sederhana. Yaitu hanya menggunakan palu dan 2 buah obeng. Dan langkah-langkah melapasnya yaitu sebagai berikut.

Langkah – Langkah Melepas Flywheel Mesin Potong Rumput

Sebelum melepas flywheel, kita harus melepas beberapa bagian yang ada pada mesin potong rumput sampai menemukan posisi dimana flywheel berada. Jika sudah terlepas semua, barulah kita dapat melepasnya dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Lepaskan flexible untuk memisahkan mesin dan gagang pembabat dengan menarik atau melepas pin penguncinya. Kemudian bukalah rumah kampas dengan melepas baut penguncinya.

2. Lepaskan kampas mesin potong rumput dengan membuka dua buah penahannya. Sampai langkah ini, barulah kita melihat posisi flywheel berada. Dan langkah selanjutnya adalah melepas flywheel mesin potong rumput.

3. Kendorkan mur pengunci flywheel yang melekat pada crankshaft. Mur dikendorkan saja tanpa melepasnya. Karena nanti akan digunakan sebagai landasan pukul agar ulir crankshaft tidak rusak.

4. Kemudian tahan flywheel dengan menggunakan dua buah obeng ke arah luar. Setelah itu, gunakan tumpuan dan letakan tapat di ata mur cranksaft.

5. Setelah itu, pukulah tumpuan tersebut dengan cara dihentakan. Jika sekali pukul flywheel tidak terlepas, pukulah beberapa kali sampai terlepas. Jika flywheel sudah terlepas, bukalah mur crankshaft dan ambil flywheelnya.

Nah begitulah langkah-langkah untuk melepas flywheel pada mesin potong rumput. Untuk melakukan cara seperti ini dibutuhkan dua orang agar lebih mudah, satu sebagai penahan dan yang satu lagi sebagai pemukul palu. Semoga bermanfaat.