Home » Cara Memasang Cup Sealer Baru

Cara Memasang Cup Sealer Baru

cara+memasang+cup+sealer
Cara Memasang Cup Sealer Baru

Cara Memasang Cup Sealer Baru – Pada saat membeli mesin cup sealer baru, biasanya akan dipasangkan rol dan plastiknya oleh pemilik tokonya. Sehingga, kita dapat langsung menggunakan alat tersebut tanpa harus memasangnya sendiri. Nah, bagaimana jika membelinya lewat toko online? Tentu saja bagian-bagian mesin cup selaer tersebut masih dalam keadaan terpisah dan harus memasangnya sendiri.

Meskipun terdapat buku petunjuknya, namun terkadang masih saja bingung untuk memasang bagian-bagiannya. Ada juga yang berhasil merangkainya malah mesin tidak bisa digunakan. Hal itu biasanya disebabkan adanya pemasangan yang terbalik atau memang salah merangkainya.

Untuk itu, bagi yang belum mengetahui bagaimana cara memasang mesin cup sealer, silahkan simak panduan yang akan dibahas berikut ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi petunjuk cara pemasangan plastik dan rol pada mesin cup sealer.

Langkah – Langkah Pemasangan Cup Sealer

Sebelumnya, bukalah kardus pembukus terlebih dahulu dan keluarkan semua bagian-bagian mesin cup sealer. Dan untuk pemasangannya silahkan ikuti langkah-langah berikut ini.

1. Langkah pertama, ambilah as roll dan dudukannya. Kemudian ambil juga lid plastik yang tersedia.

2. Pasang dudukan as roll yang berbentuk lingkaran pada sisi kiri dan kanan kiri plastik lid. Sedangkan untuk dudukan as rol yang berbentuk segtiga, pasanglah pada roll pembuangan sisa plastik.

3. Kemudian ambilah as roll. As roll ini jumlahnya ada dua. Kemudian lepaskan baut pengunci yang terdapat pada salah satu ujung roll tersbeut. Setelah itu, ambil satu ring yang berada paling luar.

4. Masukan lid plastik ke dalam as roll, pasang kembali ring dan baut penguncinya. Pasangkan juga as roll yang satunya lagi pada roll pembuangan sisa plastik. Pasanglah dengan posisi yang sama pada pemasangan roll lid plastik.

5. Jika kedua as roll sudah terpasang dengan benar, tempatkan kedua roll tersebut pada dudukannya masing_masing. Untuk rolllid plastik pasang di bagian belakang. Sedangkan untuk roll pembuangan sisa plastik taruhlah di bagian depan.

6. Kemudian buka lid plastik. Masukan lembaran lid plastik tersebut pada alur stick aluminium yang ada pada mesin cup sealer. Pastikan plastik tidak terbalik dan melewati tepat dibawah bagian pemanas mesin.

7. Jika lembaran lid plastik telah muncul di permukaan kembali, tempelkan pada roll pembuangan sisa plastik dan rekatkan dengan isolatip.

8. Setelah kedua roll terpasang dengan benar, pasang tuas perekat pada tempatnya yang berada di samping mesin. Pasang dengan cara memutar ke arah kanan pada lubangnya.

9. Kemudian, ambil kabel power dan tancapkan pada lubangnya yang berada di dekat tuas perekat. Pastika kabel power tersebut telah masuk dengan tepat dan sempurna.

10. Jika ingin mencoba menggunakannya, siapkan gelas plastik berukuran cup aqua atau cup bubble. Untuk memilih ukuran gelas yang akan dipres, tarik bagian dudukan gelas yang terletak di bawah panel indikator mesin.

11. Kemudian ambil ringnya, jika akan menggunakan gelas aqua, posisikan ring tersebut dengan diameter permukaan yang kecil di atas. Begitu sebaliknya, jika akan menggunakan gelas bubble, posisikan ring yang memeiliki diameter permukaan besar menghadap ke atas.

12. Untuk menghidupkan mesin cup sealer, tancapkan kabel power ke colokan listrik terdekat. Kemudian tekan saklar ke posisi on. Setelah itu, aturlah temperatur suhunya sekitar 150⁰ C.

13. Kemudian, tunggulah sekitar 2 menit sampai lampu indikator berpidah warna yang menandakan mesin cup sealer siap digunakan untuk mengepres gelas plastik.

14. Untuk memulai pengepresan, masukan gelas cup pada tempat di mana ring dudukan gelas berada. Yaitu dengan menarik tempat dudukan gelas tersebut yang berada di bawah panel indikator. Jika gelas telah terpasang, dorong kembali dududkannya.

15. Kemudian tarik tuas pengepresan ke bawah sampai mentok dan tahan sekitar 1 detik, kemudian kembalikan lagi tuas pengepres ke posisi semula.

16. Ambil kembali gelas cup yang dipres dan lihat hasilnya. Sebelum melakukan pengepresan kembali, pastikan telah menggulung roll pembuangan sisa plastik terlebih dahulu.

17. Untuk mengepaskan posisi gambar lid plastik tepat di atas lubang gelas, silahkan lihat tanda hitam pada lid plastik. Usahakan tanda tersebut sejajar antara depan dan belakang ketika pengepresan.

Demikianlah informasi mengenai cara memasang cup sealer yang baru dibeli beserta langkah-langkah penggunaanya. Semoga membantu.