Home » Cara Memasang Saklar Lampu

Cara Memasang Saklar Lampu

cara+memasang+saklar+lampu
Cara Memasang Saklar Lampu

Cara Memasang Saklar Lampu – Saklar adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambung dan memutus arus listrik. Benda ini sering digunakan di rumah untuk menyalakan dan mematikan lampu. Namun, dalam pemakaian yang lama, benda ini sering mengalami masalah. Sehingga perlu diganti agar dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Penggantian saklar yang rusak sebenarnya cukup mudah dilakukan. Karena hanya melepas dan memasang kembali jalur kabelnya. Namun, jika belum pernah melakukannya, tentu saja menjadi sebuah hal yang membahayakan. Untuk itu, bagi yang belum tahu bagaimana cara memasang saklar lampu pada suatu instalasi listrik, silahkan ikuti panduan yang akan diberikan berikut ini.

Hal Yang Perlu Diperhatikan ketika Memasang Saklar Lampu

Dalam melakukan pemasangan saklar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan perlu diterapkan sebagai faktor keamanan saat proses pemasangan. Karean kita semua pasti tahu bahwa hal ini berkaitan dengan arus listrik. Jadi, apabila tidak diperhatikan dengan benar, dapat membahayakan diri sendiri. Seperti efek kesetrum atau tergores alat lainnya. Dan berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diterapkan dalam upaya keselamatan kerja pada saat memasang lampu.

  • Memastikan tegangan listrik yang ada di rumah telah dimatikan sebelum memulai proses pemasangan saklar. Dan lakukan pengecekan dengan menggunakan tespen.
  • Pastikan kedua tangan dalam keadaan kering dan selalu menggunakan alas kaki pada saat memasang saklar lampu. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek kesetrum arus listrik.
  • Pastikan alat-alat yang digunakan dalam proses pemasangan saklar dalam kondisi tidak rusak. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
  • Sebaiknya lepaskan kotak sekering agar tidak ada orang yang salah menggunakannya dan simpanlah di tempat yang aman selama proses pemasangan saklar berlangsung.
  • Selalu berhati-hati dan waspada. Dengan tingkat kewaspadaan yang tinggi dan selalu mengecek menggunakan tespen, maka dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Panduan Memasang Saklar Lampu

Perlu diketahui bahwa dalam pemasangan saklar lampu, terdapat dua jenis saklar yang sering digunakan, yaitu saklar tunggal dan saklar ganda. Meskipun cara kerjanya sama, tetapi untuk pemasangannya sedikit berbeda.

Bagi orang yang sudah terbiasa di dunia kelistrikan, pemasangan saklar lampu mungkin bukanlah suatu masalah yang besar. Tetapi, bagi yang masih awam sebaiknya selalu berhati-hati ketika melakukannya. Sebelum memulai pemasangan, sebaiknya persiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan, diantaranya yaitu:

  • kabel
  • saklar lampu
  • pipa pelindung kabel
  • klem pipa
  • obeng
  • tang
  • tespen
  • isolasip

Setelah persiapan alat dan bahan selesai, lakukanlah pemasangan saklar dengan penuh hati-hati dengan memperhatikan beberapa hal seperti yang telah disebutkan di atas. Dan langkah-langkah cara memasang saklar lampu adalah sebagai berikut:

1. Matikan Sumber Listrik

Langkah pertama yaitu mematikan sumber listrik yang ada di rumah, Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggeser MCB yang ada pada kWh meteran ke posisi nol (0). Untuk memastikan apakah aliran listrik sudah mati atau belum, kita dapat menggunakan tespen untuk mengeceknya. Caranya yaitu dengan memasukan tespen ke dalam lubang stop kontak, jika gagang tespen menyala meskipun MCB sudah dimatikan, maka tandanya ada kebocoran listrik. Jika hal ini terjadi, janganlah melakukan pemasangan saklar terlebih dahulu pada kondisi seperti ini. Tunggulah sampai tespen sudah benar-benar tak menyala, barulah kita memulai pembongkaran dan memasang saklar ketika kondisi aliran listrik sudah putus seutuhnya.

2. Pemasangan Saklar

Langkah kedua yaitu melakukan pembongkaran pada saklar yang akan diganti. Kita dapat menggunakan obeng untuk melepaskan sekrupnya terlebih dahulu. Setelah itu, lepaskan semua kabel yang menempel pada saklar tersebut. Kemudian ambilah saklar yang baru, pasanglah kabel pada saklar tersebut dengan benar, yaitu kabel positif dirangkaikan pada saklar, sedangkan kabel netral untuk jalur menuju lampu.

3. Pengecekan Fungsi Saklar

Setelah pemasangan jalur kabel dari saklar lama ke saklar baru telah selesai, kencangkan setiap kabelnya agar dapat mengalirkan arus listrik dengan maksimal. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan isolatip pada sambungan yang baru. Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan dan mematikan lampu dan saklar tersebut. Pastikan saklar telah berfungsi dengan baik dan lampu dapat menyala dan dimatikan.

4. Memasang Saklar Lampu ke Tempatnya

Langkah terakhir yaitu memasang kembali saklar yang telah diganti tersebut ke dinding tempat semula. Pastikan untuk mengencangkan sekrupnya agar tidak lepas. Memasukan juga kabel ke dalam pipa pelindung kabel dan tetapkan dengan klem agar lebih rapi dan aman.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara memasang saklar lampu rumah, baik pemasangan baru maupun ketika melakukan penggantian saklar yang rusak. Semoga bermanfaat.