Home » Cara Mengganti CDI Mesin Potong Rumput

Cara Mengganti CDI Mesin Potong Rumput

cara+mengganti+cdi+mesin+potong+rumput
CDI Mesin Potong Rumput

Cara Mengganti CDI Mesin Potong Rumput – CDI adalah komponen mesin potong yang berfungsi sebagai sistem pengapian. Namun, komponen ini sering mengalami kerusakan yang menyebabkan hilangnya percikan api pada busi, sehingga mesin tidak bisa hidup. Untuk mengatasinya masalah seperti ini, yaitu dengan mengganti CDI yang baru.

Dalam penggantian CDI pada mesin potong rumput, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah bentuk dan ukurannya harus sesuai dengan yang akan diganti. Dengan melihat banyaknya merk mesin potong rumput di pasaran, maka untuk menentukan penggantian CDI dapat dilihat dari tipe mesin. Misalnya tipe 328, 221, gx31, gx35, dan lain-lain.

Sedikit tip sebelum mengganti CDI pada mesin potong rumput, sebaiknya periksa dan cari titik permasalahannya terlebih dahulu. Apakah memang CDI yang sudah mati atau businya yang mati. Selain itu, hilangnya pengapian pada mesin potong rumput juga dapat disebabkan oleh kabek massa yang menempel bodi mesin. Namun, jika memang keadaan CDI mati, barulah kita menggantinya dengan yang baru.

Cara Mengganti CDI Mesin Potong Rumput

Untuk melakukan penggantian CDI pada mesin potong rumput caranya sangat mudah, ada pun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Sediakan obeng atau kunci L menyesuaikan bentuk bautnya. Kemudian mulailah dengan membuka cover mesin dengan alat yang telah disediakan.

2. Setelah cover mesin terbuka, lepaskan cup busi dan kabel masa yang berhubungan dengan CDI.

3. Setelah itu, lepaskan fleksibel dengan cara menarik pin pada ujungnya. kemudian lepaskan rumah kampas kopling dengan membuka seluruh baut penguncinya.

4. Jika rumah kampas sudah terlepas, lanjutkan dengan melepas baut pengunci CDI yang terletak pada rumah kampas, kemudian ambil CDI dari tempatnya.

5. Siapkan CDI yang baru, kemudian pasang CDI mesin potong rumput yang baru pada tempatnya dengan tepat mengikuti dudukannya, atau kita bisa mengacu pada posisi awalnya, setelah itu pasang kembali baut penguncinya dan kencangkan menggunakan obeng.

6. Pasang kembali rumah kampas pada posisi semula dan kencangkan seluruh baut penguncinya. Kemudian pasang juga fleksibel dan pasang pin pengancingnya.

7. Sebelum memasang cover mesin, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah CDI berfungsi dengan baik. Jika merasa sudah berfungsi, pasang kembali cup busi pada busi dan pasang juga kabel massanya.

8. Setelah itu, tutuplah mesin dengan memasang covernya dan kencangkan dengan baut penguncinya.

Nah, begitulah langkah-langkah cara mengganti CDI pada mesin potong rumput. Semoga bermanfaat.