Home » Cara Mengganti Mata Potong Mesin Rumput

Cara Mengganti Mata Potong Mesin Rumput

cara+mengganti+mata+potong+mesin+rumput
Cara Mengganti Mata Potong Mesin Rumput

Cara Mengganti Mata Potong Mesin Rumput – Mata potong pada mesin potong rumput merupakan bagian yang berputar yang berfungsi sebagai pemangkas rumput. Mata potong tersebut terbuat dari plat baja tipis yang dapat di asah berulang kali agar selalu tajam pada saat digunakan. Namun, bagaimana cara menggantinya jika mata potong tersebut habis?

Sebagai bagian yang selalu berhadapan dengan pemangkasan rumput, pasti jika digunakan secara terus – menerus akan habis. Sehingga apabila habis mata potong tersebut harus diganti dengan yang baru. Setelah melakukan penggantian, sebaiknya mata potong tersebut harus di asah terlebih dahulu, karena biasanya jika masih baru masih dalam keadaaan tumpul.

Perlu dikatahui, selain terbuat dari plat baja, ada juga mata potong yang terbuat dari tali khusus yang sangat tajam apabila berputar. Namun, biasanya mesin potong rumput yang menggunakan tali sebagai mata potongnya hanya digunakan untuk memangkas umput yang tinggi tetapi lunak, seperti jenis rumput alang-alang.

Nah, bagi yang akan mengganti mata potong pada mesin potong rumput karena sudah mengecil atau habis, sebaiknya pahami dulu caranya. Hal itu supaya tidak terjadi kesalahan pemasangan yang akan berakibat kerusakan pada bagian dudukan mata potong. Untuk itu, berikut ini akan diberi informasi mengenai langkah-langkah mengganti mata potong pada mesin potong rumput yang benar.

Langkah – Langkah Mengganti Mata Potong Mesin Rumput

1. Siapkan kunci khusus (kunci busi) dan alat penahan (obeng kecil) untuk membuka baut atau mur pengunci mata potong yang berada pada dudukannya.

2. Masukan obeng pada lubang penahan putaran yang berada pada dudukan mata potong. Kemudian putar mata potong sampai posisi mentok tertahan oleh obeng dan tidak dapat berputar.

3. Letakan kuci busi pada baut atau mur pengunci. Kemudian putar ke kanan untuk membukanya (putar searah dengan arah jarum jam ).

4. Setelah baut atau mur pengunci terlepas, ambilah flange (penjepit) dan mata potong mesin rumput yang sudah habis.

5. kemudian pasanglah mata potog tepat pada tempatnya. Jangan sampai lubang mata potong keluar atau posisinya miring dari tempatnya.

6. Pasang kembali flange penjepit, kemudian pasang baut atau mur pengunci dan kencangkan dengan kunci busi dan obeng penahan. Kencangkan dengan memutar ke arah kiri ( berlawanan dengan arah jarum jam ).

7. Sebelum menggunakan menggunakan mesin, pastikan mata potong tersebut tersebut kencang dan tidak goyang.

Demikianlah informasi megenai cara mengganti mata potong pada mesin rumput. Semoga artikel ini bermanfaat.