Home » Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk

Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk

cara+menggunakan+mesin+gerinda+duduk
Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk

Cara Menggunakan Mesin Gerinda Duduk – Mesin gerinda duduk adalah mesin gerinda yang memiliki dudukan tetap. Penggunaannya berbeda dengan gerinda tangan. Ketika mengoperasikan mesin gerinda duduk, benda kerjanya yang bergerak, sedangkan pada mesin gerinda tangan, mesinnya yang bergerak. Nah, pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi mengenai cara menggunakan gerinda duduk yang benar dan aman.

Mesin gerinda duduk merupakan mesin yang biasanya digunakan untuk mengasah dan menghaluskan benda kerja. Dalam menggunakan gerinda duduk, kita harus memperhatikan beberapa hal untuk menghindari resiko dan mengutamakan keselamatan kerja.

Sebelum memulai mengoperasikan mesin gerinda duduk, sebaiknya kenali dulu bagian-bagian dan fungsinya. Karena hal ini merupakan bagian penting sebagai petunjuk cara penggunaan mesin. Dan untuk penggunaannya, silahkan simak panduan berikut ini.

Langkah-Langkah Menggunakan Mesin Gerinda Duduk

  • Periska mesin dan pastikan mesin yang akan digunakan untuk menggerinda dalam keadaan normal dan semua bagian berfungsi dengan baik.
  • Gunakan perlengkapan keamanan kerja sesuai prosedur yang telah ditentukan untuk menghindari kecelakaan kerja.
  • Siapkan benda kerja dan perlengkapannya. Jika benda yang akan akan dikerjakan berukuran kecil, sebaiknya gunakan alat penjepit untuk menghindari panas akibat gesekan.
  • Jika perlengkapan sudah disiapkan dengan benar, mulailah dengan menancapkan kabel power pada stop kontak yang tersedia.
  • Kemudian tekan tombol on untuk menghidupkan mesin. Tunggulah beberapa saat hingga kecepatan putaran bergerak stabil. Janganlah menggunakan mesin gerinda duduk ini ketika putaran masih belum stabil.
  • Tutuplah kaca pelindung untuk menghindari percikan sisa gerinda.
  • Setelah itu pegang benda kerja dengan kuat, kemudian arahkan pada mata gerinda yang berputar secara berhati-hati.
  • Dalam mengarahkan benda, harus memperhatikan posisi dan kemiringannya, sehingga percikan yang dihasilkan dari proses menggerinda menuju ke arah yang benar (ke bawah).
  • Janganlah mengarahkan benda dengan posisi tegak lurus dengan mata gerinda, karena dapat menyebabkan benda terpantul dan berbalik arah yang dapat membahayakan keselamatan kerja.
  • Jangan menekan benda kerja dengan keras, cukup pelan-pelan saja agar hasilnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Jika selesai menggerinda, matikan mesin dengan menekan tombol off dan mencabut kabel power dari colokannya. Kemudian bersihkan mesin dan tempat sekitarnya.

Demikiankah informasi mengenai bagaimana cara menggunakan mesin gerinda duduk yang aman sesuai prosedur yang ada. Selalu berhati-hatilah ketika bekerja dengan selalu menggunakan pelindung diri yang disarankan.