Home » Cara Pasang Tali Senar Mesin Potong Rumput

Cara Pasang Tali Senar Mesin Potong Rumput

cara+pasang+tali+senar+mesin+potong+rumput
Tali Senar Mesin Potong Rumput

Cara Pasang Tali Senar Mesin Potong Rumput – Selain menggunakan plat baja sebagai mata potong, ada juga yang menggunakan tali senar sebagai penggatinya. Hal ini merupakan inovasi terbaru dengan tujuan kenyamanan bagi para penggunanya. Cara pemasangannya pun sangat mudah, karena langkah-langkahnya sama seperti memasang mata potong jenis plat.

Menggunakan tali senar sebagai mata potong memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Dalam penggunaannya memang lebih praktis dibandingkan dengan jenis mata potong plat baja. Namun, ketajamannya masih jauh dari sempurna. Karena tali senar ini hanya mampu memangkas rumput yang lunak dan tidak bisa digunakan untuk jenis rumput yang keras.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, memang mengguakan mata potong plat baja lebih direkomendasikan. Namaun, jika ingin menggantinya dengan mata potong tali senar, silahkan simak bagaimana cara pemasangannya beriktu ini.

Cara Memasang Tali Senar Mesin Potong Rumput

Sebelum mengganti mata potong dengan tali senar, siapkan terlebih dahulu dudukan dan tali senarnya. Perlu diketahui bahwa mata potong tali senar memiliki dudukan khusus untuk menempatkan senarnya. Namun, biasanya antara dudukan dan senarnya terjual dalam satu paket. Sehingga tidak perlu bingung mencarinya. Selain itu, sipakan juga kunci busi atau kunci ring 19 mm dan obeng kecil sebagai alat untuk memasangnya. Dan langkah-langkah pemasangannya yaitu sebagai berikut:

1. Pertama, bukalah mata potong yang lama, caranya yaitu dengan menahan dudukan mata potong dengan obeng kecil, kemudian lepaskan mur atau baut pengunci mata potongnya menggunakan kunci busi atau kunci ring 19 mm. Untuk membukanya, putarlah ke arah kanan (searah dengan jarum jam).

2. Siapkan dudukan senar, kemudian pasang tali senar ke dalam lubang yang berada pada dudukannya. Kita bisa memasang dua atau empat tali senar dengan posisi saling berhadapan.

3. Setelah itu, pasanglah dudukan senar pada dudukan mata potong mesin rumput. Kemudian pasang mur atau baut penguncinya dan kencangkan dengan cara memutarnya ke arah kiri (berlawanan dengan arah jarum jam).

4. Periksa dudukan tali senar, pastikan lubang dudukan tapat berada pada shaftnya agar tidak lepas atau goyang ketika mesin dihidupkan.

Demikianlah informasi mengenai cara pasang tali senar pada mesin potong rumput. Jika senar sudah habis dan ingin menggantinya, cukup lepaskan senar lama pada dudukannya dan pasang dengan yang baru tanpa harus melepas dudukannya. Semoga bermanfaat.