Home » Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

penyebab+mesin+chainsaw+susah+hidup
Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup – Mesin chainsaw adalah mesin yang digunakan untuk menebang pohon. Salah satu jenisnya adalah chainsaw mini yang memiliki ukuran lebih kecil yang biasanya hanya digunakan untuk memangkas ranting-ranting pohon.

Dalam beberapa kasus, mesin ini sering mengalami permasalahan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin chainsaw mini yaitu susah hidup. Nah, jika ada yang sedang mengalami masalah tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini mengenai hal-hal apa saja yang menjadi penyebabnya.

Ada beberapa faktor kemungkinan menjadi penyebab mesin chainsaw susah untuk dihidupkan. Untuk mengatasinya, kita harus mengecek beberapa komponen pada mesin chainsaw tersebut untuk mengetahui penyebabnya. Lalu, apa saja yang perlu dicek? Simak uraian berikut ini.

Penyebab Mesin Chainsaw Mini Susah Hidup

Berikut adalah beberapa komponen mesin chainsaw mini yang kemungkinan menjadi penyebab kerusakan mesin susah untuk dihidupkan.

1. Silinder Blok Rusak

Penyebab yang pertama adalah silinder blok pada mesin chainsaw mengalami kerusakan. Kerusakan pada silinder blok ini biasanya disebabkan oleh kesalahan percampuran bahan bakar. Kurangnya takaran oli samping akan mengakibatkan silinder blok cepat panas dan mengakibatkan baret. Oleh sebab itu, perpaduan bensin dan oli samping harus tepat agar pelumasan pergerakan piston di dalam silinder blok lancar.

2. CDI Lemah/Mati

Mesin chainsaw kecil menggunakan sistem pengapian berupa CDI. Gesekan antara CDI dan magnet akan menghasilkan tegangan listrik yang kemudian di salurkan ke busi. Jika CDI lemah, maka nyala busi menjadi kecil atau mati, sehingga tidak mampu membakar percampuran bahan bakar dan udara dan akibatnya mesin susah dihidupkan atau tidak bisa hidup sama sekali.

3. Busi Mati

Kualitas busi yang kurang bagus menjadikan umur busi tidak bertahan lama. Sehingga, hanya beberapa waktu digunakan akan mati. jika busi mati, otomatis mesin pun tidak dapat dihudupkan. Oleh sebab itu, selalu gunakan busi yang berkualitas bagus agar awet digunakan.

4. Karburator Banjir

Penyebab mesin chainsaw mini susah hidup selanjutnya yaitu karburator banjir. Karburator banjir ini biasanya disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk ke dalam karburator dan mengganjal jarum (valve). Sehingga bahan bakar akan terus mengalir ke dalam ruang bakar. Sehingga menyebabkan mesin susah dihidupkan. Oleh sebab itu, bersihkanlah karburator secara berkala agar kondisi mesin tetap terjaga.

5. Aliran Bensin Mampat

Pada mesin chainsaw, ujung selang bensin yang berada di dalam tangki bahan bakar terdapat sebuah filter yang berfungsi untuk menyaring bensin agar terbebas dari kotoran sebelum masuk ke karburator. Jika filter bensin tersebut tersumbat kotoran, maka aliran bahan bakar menjadi mampat. Oleh sebab itu, jika mesin chainsaw susah hidup, periksalah filter bensin tersebut.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab mesin chainsaw mini susah dihidupkan. Semoga bermanfaat.