Home » Penyebab Tegangan Listrik Genset Tidak Stabil

Penyebab Tegangan Listrik Genset Tidak Stabil

penyebab+tegangan+listrik+genset+tidak+stabil
Penyebab Tegangan Listrik Genset Tidak Stabil

Penyebab Tegangan Listrik Genset Tidak Stabil – Salah satu masalah yang sering terjadi pada mesin genset adalah tegangannya tidak stabil. Hal ini biasanya ditandai oleh jarum indikaror voltase bergerak naik turun dan tidak bisa diam. Masalah seperti ini akan sangat mempengaruhi kinerja dari peralatan listrik yang terhubung menjadi tidak stabil..

Pada dasarnya, penyebab tegangan genset yang tidak stabil dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu masalah pada mesin penggerak dan generator listrik genset. Hal itu dikarenakan kurangnya perawatan pada mesin genset. Sehingga mengakibatkan kinerja beberapa komponen mesin genset tidak berfungsi maksimal dan akhirnya listrik genset tidak mampu menyuplai teganan dengan normal.

Untuk memperbaiki masalah seperti ini, tentu saja harus mencari penyebabnya dengan melakukan pengecekan pada bagian mesin dan bagian genaerator. Nah, berikut ini merupakan bagian-bagian yang sering menyebabkan tegangan listrik mesin genset tidak stabil.

Penyebab Tegangan Listrik Genset Tidak Stabil

  • Karburator Bermasalah

Karburator merupakan bagian mesin genset bensin yang berfungsi sebagai penyuplai bahan bakar. Penyuplaian bahan bakar pada mesin sangat mempengaruhi kinerja dari mesin itu sendiri. Jika kondisi karburator ini bermasalah, maka akan menyebabkan putaran mesin genset tidak beraturan yang menyebabkan tegangan listrik pada genset tidak stabil.

Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pada karburator adalah dengan membersihkan seluruh bagian yang ada di dalamnya. Kondisi karburator yang bersih akan menjadikan penyuplaian bahan bakar lancar dan mesin berputar secara normal. Sehingga tegangan listrik pada generator genset pun akan normal.

  • Pir Gas Lemah

Pir gas merupakan bagian genset yang menghubungkan antara karburator dengan governor mesin. Jika pir gas ini telah melemah, maka tidak dapat menahan tuas governor. Akibatnya terjadi gaya tarik menarik yang mengakibatkan penyuplaian bahan bakar pada karburator bermasalah dan menyebabkan rpm mesin naik turun.

Untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan cara menyetel baut ketahanan pir gas yang terletak di sekitar gtangkai governor mesin genset. Jika dengan menyetel ketahanan pir gas masih belum memecahkan permalsahan, maka langkah terbaik adalah dengan mengganti pir gas baru.

  • Oli Mesin Kurang

Pada mesin genset 4 tak biasanya terdapat indikator ketersediaan oli mesin. Jika kapasitas oli pada mesin berkurang, maka indikator ini akan menyala. Ketika indikator oli menyala, maka putaran mesin akan menjadi tidak stabil dan menyebabkan tegangan listrik genset naik turun.

Jika kita menghidupkan mesin genset dan melihat indikator oli menyala, maka sebaiknya matikan mesin genset terlebih dahulu dan periksa ketersediaan oli mesin. Jika menjumpai kapasitas oli mesin berkurang, maka lakukanlah pengisian oli hingga pada batas maksimal atau rata-rata air.

  • Kran Bahan Bakar Tersumbat

Sebelum bahan bakar menuju karburartor, terdapat sebuah kran yang berfungsi untuk membuka tutup aliran bahan bakar yang masuk ke dalam karburator. Di dalam kran ini biasanya terdapat saringan yang bertugas menyaring bahan bahan bakar. Jika sarngan tersebut tersumbat atau mampet, maka penyuplaian bahan ke dalam karburator menjadi kurang lancar dan menjadikan putaran mesin tidak stabil.

Nah, jika mengalami masalah tegangan listrik genset tidak stabil, maka sebaiknya periksa juga bagian kran bahan bakar. Jika kran bahan bakar tersumbat oleh kotoran, segera bersihkan agar aliran bahan bakar menjadi lancar kembali.

  • AVR Tidak Berfungsi

Pada beberapa mesin genset dilengkapi adanya AVR. AVR ini berfungsi sebagai penyetabil tegangan listrik yang keluar dari generator. Jika AVR ini mengalami kerusakan, maka tegangan yang keluar dari generator menajdi tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, yaitu dengan mengganti dengan AVR yang baru. Namun perlu diingat bahwa ukuran voltase AVR pada tiap-tiap mesin genset berbeda-beda. Jadi, ketika akan mengganti AVR, periksalah berapa voltase maksimal pada mesin genset tersebut.

Itulah beberapa faktor penyebab dari tegangan listrik pada mesin genset tidak stabil atau naik turun. Semoga bermanfaat.