Home » Perawatan Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

Perawatan Mesin Gerinda Tangan Yang Benar

perawatan+mesin+gerinda+tangan
Perawatan Mesin Gerinda Tangan

Perawatan Mesin Gerinda Tangan Yang Benar – Mesin gerinda tangan merupakan alay multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai hal pekerjaan. Untuk itu, agar mesin gerinda tangan yang kita miliki awet dan selalu berperforma maksimal, maka perlu dilakukan perawatan yang benar. Tujuan dari hal ini adalah untuk menghindari adanya kerusakan yang kemungkinan terjadi. Sehingga sangat penting bagi kita untuk merawat mesin gerinda secara berkala.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan yaitu mengikuti prosedur penggunaan yang ada di dalam buku petunjuk pemakaian. Dengan mengikuti aturan yang berlaku, kita akan mengetahui bagaimana cara menggunakan, cara merawat dan cara memperbaiki mesin gerinda tangan yang benar. Selain itu, di dalam buku petunjuk biasanya juga dijelasakan bagian-bagian yang ada pada mesin gerinda, sehingga akan memudahkan dalam melakukan perawatannya.

Nah, jika ingin melakukan perawatan pada mesin gerinda, tetapi buku pedoman yang dimiliki telah hilang dan belum sempat membacanya, silahkan baca artikel ini mengenai informasi tentang cara merawat mesin gerinda tangan yang benar agar awet dan terhindar dari kerusakan.

Cara Merawat Mesin Gerinda Tangan

1. Pemberian Stempet Secara Berkala

Pada mesin gerinda tangan, terdapat ruang stempet yang terletak pada bagian roda gigi penghubung. Penggunaan dalam jangka panjang, menjadikan stempet habis yang mengakibatkan mesin gerinda cepat panas. Oleh sebab itu, periksalah ketersediaan stempet tersebut secara berkala. Jika menemui stempet telah habis, segera beri stempet secukupnya agar terhindar dari kerusakan pada bagian roda gigi tersebut, seperti bunyi kasar atau mesin gerinda tidak bertenaga.

2. Penggantian Carbon Brush Sebelum Habis

Carbon brush merupakan bagian mesin gerinda tangan yang dapat habis karena batasan waktu penggunaan mesin. Jika carbon brush habis, maka mesin gerinda tida dapat dinyalakan. Namun, untuk menghindari kerusakan pada komutator yang menyebabkan mesin gerinda menyala terang, sebaiknya lakukan penggantian carbon brush tersebut sebelum habis total.

3. Tidak Menekan Ketika Menggerinda

Banyak yang melakukan penekanan pada saat menggerinda dengan alasan untuk mempercepat waktu. Namun, hal itu ternyata dapat mempercepat kerusakan pada mesin, karena beban putaran yang bertambah berat akibat daya tekan. Selain itu, menekan gerinda pada saat menggerinda juga dapat membahayakan keselamatan kerja. Oleh sebab itu, pada saat menggerinda sebaiknya biarkan mata gerinda berputar mengikuti alur pengikisan tanpa adanya penekanan.

4. Membersihkan Setelah Menggunakannya

Percikan kotoran yang masuk ke dalam mesin ketika menggerinda dapat menyebabkan mesin gerinda tangan macet jika dibiarkan begitu saja. Biasanya kotoran tersebut akan bersarang pada bagan laher dan ruang gerak armature yang dapat mengakibatkan mesin terbakar karena putaran mesin menjadi seret. Oleh sebab itu, bersihkanlah mesin setelah melakukan penggerindaan sebelum menyimpannya.

5. Simpan Di Tempat Yang Aman

Setelah selesai menggunakannya untuk menggerinda, simpanlah mesin gerinda tangan tersebut dengan benar. Lepaskan mata gerinda dari dudukannya dan pastikan posisi kabel power tergulung rapih tidak ada yang terjepit. Jangan letakan mesin gerinda pada tempat yang tinggi dan mudah jatuh. Sebaiknya simpanlah pada tempat yang tertutup untuk menghidari gigitan tikus dan jangkauan anak-anak.

Demikianlah informasi mengenai cara melakukan perawatan pada mesin gerinda tangan yang benar agar awet dan terhindar dari kerusakan.