Home » Takaran Campuran Oli Mesin Rumput 2 Tak

Takaran Campuran Oli Mesin Rumput 2 Tak

takaran+campuran+oli+mesin+rumput+2+tak
Takaran Campuran Oli Mesin Rumput 2 Tak

Takaran Campuran Oli Mesin Rumput 2 Tak – Seperti yang kita tahu bahwa mesin 2 tak menggunakan oli samping sebagai campuran bahan bakarnya. Seperti halnya pada mesin potong rumput yang mengusung mesin 2 tak, mesin tersebut menggunakan bensin campur sebagai bahan bakarnya. Lalu, berapakah takaran yang benar?

Bensin campur itu sendiri merupakan perpaduan antara bensin murni dengan oli samping. Untuk mencampurnya, kita harus memadukannya dengan tepat agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin. Selain itu, dengan takaran yang tepat juga menjadikan mesin berumur panjang.

Jenis oli samping yang digunakan untuk campuran pada mesin potong rumput bebas menggunakan produk apa saja. Yang terpenting adalah menggunakan jenis oli 2 tak, bukan jenis oli mesin 4 tak. Nah, untuk menakar perbandingannya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Takaran Bensin Dan Oli Mesin Rumput 2 Tak

Takaran oli samping untuk mesin potong rumput, biasanya telah ditentukan oleh pabriknya. Karena setiap pembelian mesin biasanya telah disediakan botol takaran bensin dan oli samping. Pada botol tersebut, bisanya juga tertera berapa perbandingan untuk percampuran bahan bakar. Dan pada umumnya, perbandingannya adalah 20 : 1 (20 liter bensin : 1 liter oli samping).

Dengan melihat pada perbandingan tersebut, maka 1 liter bensin akan bercampur dengan 50 mililiter oli samping. Namun, banyak mekanik mesin rumput yang menyimpulkan tentang perbandingan tersebut. Yaitu 1 liter bensin dicampur dengan 3 tutup botol oli samping. Dan hal ini hanya untuk mempermudah ingatan saja, karena pada umumnya tangki bahan bakar mesin potong rumput hanya memiliki kapasitas 1 liter.

Takaran antara bensin dan oli samping pada mesin potong rumput memang harus benar-benar diperhatikan. Karena jika kapasitas oli samping kurang, maka akan menyebabkan mesin cepat panas dan kerusakan fatal pada mesin.

Begitu juga sebaliknya, jika takaran oli samping terlalu banyak, maka akan menimbulkan beberapa masalah. Seperti asap terlalu pekat, busi menjadi cepat hitam, dan terjadi endapan pada karburator yang menyebabkan mesin susah dihidupkan. Untuk itu, takaran bensin dan oli samping harus benar-benar tepat agar performa mesin dapat maksimal.

Dengan melihat beberapa masalah yang ditimbulkan akibat dari kesalahan dalam mencampur oli samping, maka kita harus mencampurnya dengan tepat. Jangan sampai karena alasan untuk menghemat, maka takaran perbandingan tersebut diabaikan dengan aturan sendiri.

Nah, itulah penjelasan mengenai takaran campuran oli untuk mesin potong rumput 2 tak. Semoga bermanfaat.