Home » Machine » 7 Bagian Spray Gun dan Fungsinya

7 Bagian Spray Gun dan Fungsinya

bagian+bagian+spray+gun
Bagian-Bagian Spray Gun

7 Bagian Spray Gun dan Fungsinya – Spray gun adalah alat bantu yang digunakan untuk pengecatan. Alat ini memanfaatkan tekanan angin untuk mengoperasikannya. Dengan bagian-bagian yang ada, alat semprot ini mampu mengubah cairan cat menjadi butiran-butiran halus. Lalu, apa saja bagian-bagian yang ada pada pada spraygun?

Dalam penggunaan spray gun, hal penting yang harus kita ketahui adalah mengenal bagian-bagiannya agar tidak mengalami kesulitan ketika mengoperasikannya. Karena alat ini memiliki beberapa bagian yang memiliki pengaturan khusus agar hasil pengecatan dapat maksimal.

Bagian-bagian spray gun memiliki fungsi yang berbeda antara yang satu dengan lainnya. Misalnya antara knop pengatur semburan dengan knop pengatur volume, biasanya bagian ini saling berdekatan dan kita harus tahu fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini mengenai 7 bagian pada spray gun dan fungsinya.

7 Bagian Spray Gun dan Fungsinya

Secara umum, bagian-bagian spray gun yaitu sebagai berikut:

1. Tabung Cat

Bagian spray gun yang pertama yaitu tabung cat. Tabung cat pada spray gun berfungsi sebagai tempat penampung cat. Setiap jenis spray gun memiliki kapasitas tabung yang berbeda-beda. Begitu juga dengan posisinya yang biasanya, ada yang terletak di atas dan ada juga yang berada di bagian bawah.

2. Nozzle

Nozzle merupakan bagian spray gun yang berfungsi sebagai jalur keluar cat. Pada bagian nozzle terdapat cup nozzle yang berfungsi untuk mengatur arah keluarnya cat. Misalnya jika kita akan mengecat secara horizontal, maka kita perlu mengatur cup nozzle ini agar arah semburan cat yang keluar tegak lurus.

Read More :  5 Jenis Spray Gun Beserta Fungsinya

3. Tuas Penyemprot / Trigger

Setiap spray gun memiliki tuas atau trigger yang berfungsi sebagai penyemprot. Jika tuas tersebut ditekan, maka cat baru akan keluar dari nozzle. Begitu sebaliknya, jika tuas dilepaskan, maka spray gun akan berhenti mengeluarkan semburan cat.

4. Knop Pengatur Tekanan Angin

Knop pengatur tekanan angin biasanya berada pada bagian bawah spray gun. Knop ini berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang keluar dari nozzle. Semakin knop ini dibuka lebar, maka angin yang keluar dari nozzle akan semakin kencang.

5. Saluran Angin

Saluran angin pada spray gun befungsi untuk menghubungkan spray gun dengan selang angin yang menuju kompresor. Pada saluran angin ini biasanya telah dilengkapi dengan adanya coupler sambungan agar lebih mudah dalam pemasangan spray gun dengan selangnya.

6. Knop Pengatur Volume Cat

Knop pengatur volume cat merupakan bagian spray gun yang berfungsi untuk mengatur jumlah cat yang keluar dari nozzle. Semakin knop ini dibuka, maka volime cat yang keluar dari nozzle semakin banyak. Untuk mengatur knop volume cat ini harus menyesuaikan dengan tekanan angin yang keluar dari nozzle agar dapat menghasilkan semburan cat yang sempurna.

7. Knop Pengatur Semburan

Bagian spray gun yang terakhir yaitu knop pengatur semburan. Knop ini berfungsi untuk lebar kecil semburan cat yang keluar. Semakin dibuka, maka semburan yang keluar dari nozzle akan semakin lebar. Untuk itu, kita harus dapat mengatur knop semburan ini sesuai benda yang akan dicat. Jika benda yang akan dicat memiliki permukaan yang luas, sebaiknya buka knop pengatur semburan ini agar car yang keluar semakin lebar.

Read More :  Hand Grinding Machine Part and Functions

Demikianlah pembahasan mengenai bagian-bagian yang terdapat pada spray gun beserta fungsinya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *