Home » Machine » Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

bagian+bagian+mesin+gerinda+duduk
Mesin Gerinda Duduk

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya – Mesin gerinda duduk berbeda dengan mesin gerinda tangan. Pada mesin gerinda duduk, benda kerjanya yang bergerak. Sedangkan pada mesin gerinda tangan, mesinnya yang bergerak menyesuaikan benda kerja.

Cara kerja mesin gerinda duduk sama seperti mesin gerinda pada umumnya, yakni batu gerinda berputar, kemudian bersentuhan dengan benda kerja, sehingga terjadi pengikisan pada benda kerja.

Fungsi mesin gerinda duduk antara lain untuk membentuk benda kerja sesuai keinginan, membuang bram (sisa cetakan logam), dan juga sering digunakan untuk mengkilapkan permukaan benda kerja. Baik yang memiliki permukaan rata atau pun bergelombang tidak beraturan.

Mesin gerinda duduk memiliki komponen untuk menjalankan kinerjanya. Berikut akan dijelaskan apa saja ini bagian-bagian yang ada pada mesin gerinda duduk dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Gerinda Duduk Dan Fungsinya

1. Switch (Saklar)

Tombol switch atau saklar adalah bagian dari mesin gerinda duduk yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan putaran mesin. Tombol switch ini berada di depan mesin, dimaksudkan agar memudahkan dalam mengoperasikan mesin gerinda duduk tersebut.

2. Mesin Penggerak

Sumber penggerak dari mesin gerinda duduk yaitu dinamo atau eletromotor. Pada dinamo penggerak tersebur biasanya dilengkapi dengan adanya kapasitor starting yang berfungsi sebagai pengangkat awal putaran mesin gerinda duduk tersebut.

3. Shaft Batu Gerinda

Dudukan batu gerinda pada mesin gerinda duduk sebenarnya juga merupakan shaft (as) dinamo yang melebar keluar. Pada kedua ujung as tersebut berupa ulir yang bertujuan untuk memudahkan dalam pemasangan batu gerinda yang dilengkapi dengan mur pengencang pada setiap ujung as dudukan tersebut.

Read More :  Hand Tools And Power Tools

4. Kaca Pelindung

Pada area dudukan batu gerinda, akan terpasang penutup dan kaca pelindung. Kaca pelindung tersebut berfungsi sebagai pelindung dari percikan gesekan batu gerinda dengan benda kerja ketika mesin gerinda duduk tersebut dihidupkan.

5. Batu Gerinda

Batu gerinda merupakan bagian paling utama dari mesin gerinda duduk. Dengan batu gerinda inilah kita dapat mengasah, membentuk, mengkilapkan, dan membersihkan sisa cetakan pada besi tuang. Jenis dari batu gerinda duduk ini sangat beragam sesuai dengan kebutuhannya. Dan contoh dari jenis batu gerinda duduk, antara lain :

a. Batu Gerinda Asah

Batu gerinda asah ini terbuat dari serbuk pasir yang melekat pada setiap roda mata gerinda. Batu gerinda asah ini digunakan untuk membentuk, mengasah, dan membersihkan bram (sisa cetakan besi).

b. Batu Gerinda Serat

Batu gerinda serat ini terbuat dari serat-serat kayu yang memiliki permukaan halus. Jenis batu gerinda ini biasanya dipakai untuk mengkilapkan permukaan benda kerja yang memiliki permukaan rata.

c. Batu Gerinda Kain

Jenis berikutnya yaitu batu gerinda kain. Sesuai dengan namanya, batu gerinda ini terbuat dari setumpukan kain yang didesain khusus untuk menghaluskan dan mengkilapkan benda kerja yang permukaannya tidak rata (bergelombang).

Demikianlah pembahasan mengenai komponen mesin gerinda duduk dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *